Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Pendaftaran SPAN PTKIN Tahun 2024

INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU JALUR SPAN PTKIN TAHUN 2024

PENDAFTARAN ONLINE SPAN PTKIN

PENDAFTARAN ONLINE SPAN PTKIN TAHUN 2024

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau SPAN PTKIN  adalah jalur seleksi yang dilaksanakan secara nasional pada seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu yang diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama Republik Indonesia.

Bagi calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarn melalui jalur SPAN PTKIN ini tidak perlu takut memikirkan biaya pendaftaran karena peserta tidak perlu membayar biaya perdaftaran, sebeb SPAN PTKIN ini sudah ditanggung pemerintah.


Apakah tujuan dari SPAN PTKIN ini ?

Tujuan dari jalur SPAN PTKIN ini sendiri yaitu:

  • Pertama, memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah untuk mendaftarkan siswanya melalui SPAN PTKIN supaya memperoleh kesempatan mengikuti pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi.
  • Kedua, mendapatkan calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah.


Apa saja ketentuan dan syarat untuk mendaftar SPAN PTKIN ?

Bagi calon mahasiswa yang baru yang akan mendaftar jalur SPAN PTKIN ini harus mengetahui ketentuan untuk mendaftar jalur SPAN PTKIN ini. 

Ketentuan mendaftar jalur SPAN PTKIN yaitu:

  • SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional yang berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.
  • Satuan Pendidikan yang dapat mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  • Siswa yang dapat mengikuti seleksi merupakan siswa yang didaftarkan oleh Kepala Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah masing - masing.


Kemudian apa saja syarat untuk masuk Jalur SPAN PTKIN ini ?

Persyaratan Siswa Pelamar SPAN PTKIN yaitu:

  • Siswa Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah kelas terakhir pada tahun 2024.
  • Siswa merupakan siswa yaang memiliki prestasi akademik serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.
  • Ada Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Nilai rapor Kelas X/Semester 1, Kelas X/Semester 2, Kelas XI/Semester 1, Kelas XI/Semester 2 dan Kelas XII/Semester 1 yang telah diisikan di PDSS.


Kapan jadwal seleksi SPAN PTKIN 2024 ?

Adapun Jadwal Seleksi SPAN PTKIN 2024 yaitu

  • Pengisian PDSS pada tanggal 17 Januari sampai 13 Februari 2024
  • Verifikasi PDSS mulai tanggal 17 Januari sampai 13 Februari 2024
  • Pendaftaran (siswa) mulai tanggal 16 Februari sampai 4 Maret 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi tanggal 03 April 2024
  • Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi ditetapkan di masing-masing PTKIN.

Jika rekan-rekan ingin melihat pengumuman kelulusan SPAN PTKIN 2024 dapat diakses pada link berikut ini  https://pengumuman-span.ptkin.ac.id

Bagaimana pemilihan program studi serta jumlah pilihan jurusan yang bisa diambil pada seleksi SPAN PTKIN 2024

Program Studi dan Jumlah Pilihan

1. Siswa bisa pelamar memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati.

2. Siswa bisa pelamar memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.

3. Untuk Urutan pilihan PTKIN serta program studi menyatakan prioritas pilihan.


Untuk info lengkap mengenai SPAN PTKIN 2024 rekan-rekan bisa mengakses halaman web berikut https://span.ptkin.ac.id

Sekian info mengenai Info Pendaftaran SPAN PTKIN 2024. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua.