Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2024

Informasi Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Kuliah Tahun 2024

Info Pendaftaran KIP Kuliah

Daftar KIP Online Tahun 2024

KIP-Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah  merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi dan mau untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Jadi bagi rekan-rekan yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tidak perlu putus asa, karena hal ini bisa diatasi dengan mendaftar KIP Kuliah.

Bagaimana cara mendaftar dan apa saja yang disiapkan untuk mendaftar KIP Kuliah serta syarat pendaftarannya ? Disini kami akan menjabarkan cara daftar KIP KULIAH dan apa saja yang disiapkan untuk mendaftar KIP kuliah serta syarat atau siapa saja yang bisa mendaftar KIP Kuliah.

Hal-hal yang harus disiapkan untuk mendaftar KIP KULIAH

1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)

2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

3. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

4. Pas Poto

5. Foto bersama keluarga


Cara Mendaftar KIP KULIAH

  • Buka web Sistem KIP Kuliah pada https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau melalui KIP Kuliah mobile apps
  • Klik Login
  • Jika belum punya akun Klik daftar baru
  • Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  • Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah
  • Apabila proses validasi berhasil rekan-rekan akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang telah dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan
  • Selesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
  • Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.


Syarat Mendaftar KIP KULIAH

  • Mungkin rekan-rekan bertanya apa-apa syarat untuk mendaftar KIP Kuliah ini, atau siapa saja yang berhak menerima KIP KULIAH ini.
  • Penerima KIP-KULIAH ini merupakan siswa SMA /sederajat yang telah lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  • Penerima memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau  memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Setelah rekan-rekan mengetahui cara pendaftaran KIP KULIAH dan syarat-syarat diatas, rekan pasti akan bertanya kapan pendftaran KIP KULIAH ini bisa dilakukan ? Berikut info jadwal Pendaftaran KIP KULIAH Tahun 2024

Jadwal Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah         4 Februari 2024  sampai 31 Oktober 2024

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 16 Februari 2024  sampai 27 Februari 2024

UTBK-SNBT                         22 Maret 2024sampai 13 April 2024

Seleksi Mandiri PTN                 16 Juni 2024 sampai 07 Oktober 2024

Seleksi Mandiri PTS                 23 Juni 2024 sampai 31 Oktober 2024

Sekian informasi tentang pendaftaran KIP KULIAH Tahun 2024. Semoga Informasi yang diberikan ini bermanfaat bagi rekan-rekan semua.